Apa Itu Nuendo ?



Wartasuara.com : Nuendo adalah digital audio workstation (DAW) yang dikembangkan oleh Steinberg untuk merekam musik, mengatur, mengedit dan pasca produksi. Paket ini ditujukan untuk segmen pasar pasca produksi audio dan video (dipasarkan sebagai 'Sistem Pasca Produksi Audio Lanjutan', berbeda dengan perangkat lunak DAW Steinberg lainnya, Cubase, yang dipasarkan sebagai 'Sistem Produksi Musik Lanjutan' ), tetapi juga berisi modul opsional yang dapat digunakan untuk beberapa pembuatan multimedia dan pengurutan audio.

Versi pertama Nuendo dirilis oleh Steinberg pada tahun 2000.Versi 2 diikuti pada tahun 2003, memperkenalkan beberapa aspek fungsionalitas yang sebelumnya ditemukan dalam versi SX dari DAW Steinberg lainnya, Cubase, pada saat itu

Versi 3 dari Nuendo dirilis pada tahun 2005, tak lama setelah penjualan Steinberg ke perusahaan multinasional dan konglomerat Jepang, Yamaha. Itu adalah versi pertama dari perangkat lunak yang mendukung format file AAF.

Versi 4 (September 2007) memperkenalkan sistem otomatisasi baru dan plug-in format VST3 baru; versi 5 (Juli 2010) menambahkan alat baru untuk ADR dan desain suara;dan versi 6 (September 2013) menyertakan kenyaringan baru metering dan konsol mixing baru.

Nuendo versi 7 pertama kali dipratinjau di Game Developers Conference pada Maret 2015,kemudian dirilis pada Juni 2015. Ini memperkenalkan fitur yang dikenal sebagai Game Audio Connect, memungkinkan transfer langsung aset audio menggunakan middleware Wwise Audiokinetic.

Versi 8 dari Nuendo dirilis pada Juni 2017, menampilkan versi 2 dari fungsionalitas Game Audio Connect, pengacakan suara, dan fitur pemrosesan offline baru.

Versi 10 telah diumumkan dan dipratinjau di GDC 2019 di San Francisco pada 20–22 Maret 2019, kemudian dirilis pada 24 April 2019.