Mengenal Cubase DAW Yang Dikembangkan Steinberg



Wartasuara.com :  Cubase adalah digital audio workstation (DAW) yang dikembangkan oleh Steinberg untuk merekam, mengatur dan mengedit musik dan MIDI. Versi pertama, yang awalnya hanya sequencer MIDI dan dijalankan pada komputer Atari ST, dirilis pada tahun 1989.Cubase versi cut-down disertakan dengan hampir semua perangkat keras audio dan MIDI Yamaha, serta perangkat keras dari pabrikan lain. Versi ini dapat ditingkatkan ke versi yang lebih maju dengan harga diskon.

Cubase dapat digunakan untuk mengedit dan mengurutkan sinyal audio yang berasal dari sumber suara eksternal dan MIDI, dan dapat menampung instrumen dan efek VST. Ini memiliki sejumlah fitur yang dirancang untuk membantu dalam komposisi, seperti:


Trek Akor: Membantu pengguna melacak perubahan akor, dan secara opsional dapat digunakan untuk menyelaraskan trek audio dan MIDI secara otomatis, serta memicu arpeggio dan akor dengan suara dasar atau suara untuk piano dan gitar. Akord dapat dimasukkan secara manual atau dideteksi secara otomatis.


Expression Maps: Menambahkan jalur ke Key Editor (piano roll Cubase) yang memungkinkan pengguna untuk menentukan perubahan pada artikulasi dan dinamika instrumen. Di DAW lain, ini memerlukan penggunaan perubahan program MIDI yang rumit dan sakelar kunci.

Note Expression: Memungkinkan pengontrol MIDI seperti pitch bend, volume, pan, dan filter untuk diterapkan hanya pada not yang dipilih. Ini mengatasi salah satu keterbatasan MIDI, di mana pengontrol seperti itu biasanya mempengaruhi seluruh saluran (Misalnya, semua nada akor sama-sama dipengaruhi oleh pesan tikungan nada).


Inspektur Editor Kunci: Memberikan kontrol presisi atas gambar akor, inversi akor, kuantisasi, transposisi, koreksi skala, panjang nada, dan legato. Perubahan dapat diterapkan baik hanya untuk catatan yang dipilih atau seluruh bagian MIDI yang sedang diedit.


Audio Warp Quantize: Buat penanda warp langsung dari hitpoints, baik loop audio tunggal maupun seluruh pengaturan dapat dikuantisasi secara non-destruktif.


Bagian MIDI dapat diedit menggunakan piano roll, editor drum khusus, editor skor, atau sebagai daftar lengkap acara MIDI yang dapat disaring.


Pengguna juga dapat mencampur berbagai trek ke dalam file .wav stereo yang siap untuk dibakar ke compact disc (CD) dalam format Buku Merah, atau .mp3 dibakar ke CD atau DVD sebagai file, atau untuk dipublikasikan di Web.