Ingin Punya Home Recording Sesuai Budget? Begini Caranya



Wartasuara.com : Persiapan yang matang adalah suatu hal yang sangat baik, sehingga kita bisa memperkirakan berapa biaya dan persiapan lain yang perlu kita susun. Persiapan awal dalam menata home recording adalah :

1. Penatan Ruangan : Menata ruangan merupakan hal yang sepele, tetapi luas dari ruangan juga mempengaruhi kualitas dari Speaker yang akan kita gunakan. Kapasitas ruangan akan mempengaruhi kapasitas speaker. karena penataan ruang kurang tepat akan membuat kerja speaker tidak maksimal.

2. Perangkat Recording : Memilih perangkat recording dengan budget kita memang agak berat, karena dengan kualitas yang rendah kita pun akan kesusahan mencapai hasil yang maksimal. kita perlu coba cari perangkat recording dengan menentukan merk terlebih dahulu , yaitu merk yang rendah harganya hingga paling mahal, yang jelas standar nasional . Untuk speaker kita tentukan Dimensi , desibel woofer, SPL, Program power, Medan magnet, dan frekuensi.

3. Komputer PC atau Laptop : Perihal yang satu ini sangat penting karena perangkat komputer pc atau laptop kita harus memenuhi syarat umum dari software dan soundcard yang akan digunakan, sehingga tidak terjadi error pada saat kita menggunakan software yang telah diinstall. 32 bit atau 64 itu tergantung dari kualitas hardware dan install dari software yang akan di pasang. pemilihan (Motherboard) Mobo , hardisk atau SSD , Ram 4-8-16-32 dengan bus yang sesuai, pemilihan VGA internal atau eksternal. dan yang paling penting adalah powersupply.

4. Instrument : Gitar, bass, drum, keyboard, mic vokal , kabel instrument, bagian-bagian kecil yang perlu juga dipersiapkan sebelum kita membuka recording . karena dengan perangkat yang sesuai maka minat kita akan semakin tinggi untuk recording. 

5. Operator  / Sound Engineering : Kunci utama dari 4 hal diatas adalah operator atau sound engineering . Dengan alat secanggih apapun jika operator sebagai sumber daya yang tidak bisa mengoperasikan perangkat yang banyak tersebut maka perangkat tidak akan akerja secara maksimal.