Baca Juga

Memuat...

Urutan Tahapan Smash Bola Voli

Dalam permainan Bola Voli, smash di jadikan sebagai senjata utama untuk pembunuh lawan. Bagaimana tidak, bola yang di hasilkan dari pukulan smash sangatlah sulit untuk di terima dan di kembalikan karena jalannya bola begitu keras dan menukik tajam.

Untuk dapat melakukan smash dengan baik, seorang pemain Bola Voli harus mengetahui tehnik yang benar dalam melakukan smash, jika tidak smash yang di lakukan tidak akan sesuai dengan harapan misalnya saja menyangkut di net atau bahkan terlalu panjang sehingga bola out atau keluar.


Pada dasarnya untuk melakukan smash bola voli, ada 4 urutan tehnik yang harus dilakukan. Berikut adalah Uraian Urutan Tahapan Smash Bola Voli.

Urutan Tahapan Smash Bola Voli :

1. Run up (Lari Menjangkau Bola)

Pada tahapan ini, smasher terlebih dahulu melakukan ancang - ancang menunggu umpan bola dari tosser / set upper, ketika bola di umpan (dilepaskan) oleh tosser smasher segera berlari atau bergerak dengan langkah panjang untuk menjangkau bola.

2. Take Off (Melompat)

Pada saat bola sudah berada di wilayah gerak jangkauan, selanjutnya smasher segera lakukan gerakan tahap kedua yaitu Take Off (melompat). Take off di lakukan dengan menggunakan kedua kaki secara bersamaan yang di barengi dengan mengayunkan kedua tangan keatas sedangkan posisi badan agak melenting kebelakang.

3. Hitt (Memukul)

Ketika posisi badan berada di udara setelah melalui gerakan Take Off (gerak tahap kedua) selanjutnya langsung disusul gerakan lainnya yaitu Hitt (memukul) bola di udara. Saat memukul bola di udara dengan tangan, jari - jari tangan harus dalam keadaan terbuka yang di sertai lecutan pergelangan tangan.

4. Landing (Mendarat)

Tahapan terakhir dari serangkaian gerakan smash adalah Landing (Mendarat). Pada tahapan ini, setelah melakukan smash atau kontak dengan bola, smasher malakukan gerak lanjutan yaitu Landing (Mendarat). Pada saat posisi badan turun, bagian tubuh yang turun terlebih dahulu adalah kedua ujung telapak kaki.

Catatan :
Serangkaian tahapan gerakan dalam melakukan smash Bola Voli diatas, harus di lakukan secara berurutan dan berkesinambungan tidak boleh terputus - putus.

Demikian tadi serangkain urutan tahapan gerak smash bola voli yang kami jabarkan hari ini, terima kasih sudah membaca postingan kami semoga, bermanfaat.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *