Baca Juga

Memuat...

Mengenal Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya

Bola Basket adalah salah sebuah permainan bola besar yang di mainkan oleh 2 tim yang saling berhadapan di mana cara memainkannya yaitu dengan menggiring  bola menggunakan tangan  dengan cara di pantul – pantulkan kelantai.

Permainan bola basket memiliki tujuan utama memasukan bola ke keranjang basket / ring basket lawan sebanyak – banyaknya dan sebisa mungkin mecegah lawan supaya tidak bisa melakukan hal yang serupa.


Pemain bola basket di mainkan oleh 5 orang pemain dalam satu tim, di mana masing - masing orang memiliki tugas dan peranannya masing - masing di dalam tim.

Untuk lebih memahami kelima tugas pemain bola basket tersebut, simak urain berikut:

Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya

1. Point Guard (PG)

Berdasarkan Wikipedia Point Guard adalah posisi basket standar. Posisi Point Guard biasanya di tempati oleh orang yang paling kecil di anggota timnya, tetapi memiliki kemampuan dribbling dan olah bola yang paling baik di antara rekan satu timya.

Tugas utama dari seorang Point Guard adalah sebagai pengatur permainan dan pengatur serangan serta memberikan Assist (umpan bola) kepada rekan satu tim untuk mencetak angka.

2. Shooting Guard (SG)

Sama seperti posisi Point Guard, posisi Shooting Guard merupakan posisi standar dalam bola basket.

Shooting Guard sering disebut dengan off-guard atau two-guard, merupakan pemain yang memiliki spesialisasi dalam menembak bola.

Tugas utamanya adalah menembak bola ke ring basket dari garis perimeter (daerah sekitar batas garis tiga angka).

3. Center

Posisi Center dalam bola basket adalah posisi pemain tengah memiliki area di garis tembakan bebas (free-throw line). Biasanya posisi ini di tempati oleh orang yang memiliki tubuh paling besar dan tinggi di tim.

Pemain center memiliki tugas - tugas:
  • Menghalangi lawan yang akan menangkap bola pantul yang tidak masuk ke ring (rebound)
  • Malakukan block tembakan lawan
  • Mencetak angka

4. Small Forward (SM)

Small forward adalah posisi pemain bola basket yang membutuhkan pemain dengan berbagai variasi kemampuan.

Biasanya posisi ini di tempati oleh pemain yang memiliki kemampuan satu-lawan-satu (one-on-one) terbaik di tim.

Posisi ini harus bermain agresif dan kuat, mampu membawa (dribble) bola dengan lincah, dan mencetak skor dengan baik. Dalam mencetak skor, small forward biasanya mahir dalam menembak dari luar garis tiga angka (perimeter) maupun dari bagian dalam ring dengan berbagai variasi permainan.Seorang small forward akan menolong dan mengambil peran point guard yang berada dalam tekanan pertahanan lawan.

Dalam keadaan bertahan, small forward harus mampu menjaga lawan yang bermain pada posisi 2 atau 3, baik lawannya memiliki postur tubuh lebih tinggi atau lebih pendek. Selain membutuhkan stamina yang kuat dan kecepatan yang tinggi, bermain sebagai small forward juga dituntut melakukan rebound, terutama saat berada dalam posisi bertahan.

5. Power Forward

Power forward biasa di sebut juga dengan strong forward atau big forward merupakan posisi dalam basket yang diisi oleh salah satu pemain dengan postur tubuh yang tinggi dan kuat.

Berbeda dengan small forward, posisi power forward akan banyak bergerak di dekat (bawah) ring untuk menembak dari jarak dekat atau memaksa lawan membuat pelanggaran (foul) atas dirinya.

Pemain yang menempati posisi ini sering kali berganti peran dengan pemain tengah (center). Dulunya, memang tidak banyak perbedaan antara power forward dan center, namun seiring perkembangan olahraga basket, power forward bermain dan bergerak lebih jauh dari bawah ring.

Salah satu tugas utama power forward adalah menangkap bola yang memantul dari ring (rebound) baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang.

Demikian tadi posisi pemain bola basket dan tugasnya masing - masing yang dapat kami infokan untuk anda, terima kasih sudah membaca postingan kami.

Sumber Referensi:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Power_forward
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Small_forward

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *