Baca Juga

Memuat...

Jenis Service Bola Voli Beserta Cara Melakukannya

Dalam permainan bola voli, ada 4 tehnik dasar yang harus anda kuasai dengan baik jika ingin menjadi pemain bola voli hebat. Keempat tehnik tersebut antara lain Service, Passing, Smash dan juga Block.

Jika anda menguasai ke 4 tehnik ini dengan baik setidaknya anda sudah satu langkah untuk menjadi pemain bola voli handal, tinggal di dukung dengan faktor tambahan lainnya misalnya tinggi badan, kekuatan otot tangan dan kaki.

Namun dalam pembahasan kita kali ini, kami tidak membahas tentang tehnik dasar bola voli, melainkan kita lebih fokuskan kepada service bola voli.


Seperti yang sudah kami jelaskan pada tehnik dasar bola voli, bahwa definisi service sekarang sudah mengalami perubahan seiring berkembangnya tehnik bola voli.

Service sekarang di artikan sebagai serangan pertama untuk memulai permainan. Dari pengertian tadi sudah jelas, bahwa service sekarang di gunakan untuk menekan atau bahkan membunuh lawan sejak  dini yaitu sejak di mulai permainan dengan melakukan sajian bola pertama berupa service.

Jenis servis ada bermacam - macam, dari mulai yang termudah di lakukan dan hingga yang tersulit, semakin sulit jenis service yang di lakukan tentu semakin sulit pula untuk di terima dan di kembalikan lawan.

Berikut adalah jenis service bola voli:

1. Underhand Service

Pemain berdiri menghadap net , kaki kiri didepan kaki kanan, lengan kiri dijulurkan kedepan dan memegang bola (ini untuk pemain tangan kanan, bagi pemain tangan kiri sebaliknya).

Bola dilempar rendah keatas , berat badan bertumpu pada kaki sebelah belakang, lengan yang bebas digerakkan kebelakang dan diayunkan kedepan dan memukul bola. Sementara berat badan dipindahkan kekaki sebelah depan.

Bola dipukul dengan telapak tangan terbuka, pergelangan tangan kaku dan kuat. Gerakan terakhir adalah memindahkan kaki yang dibelakang kedepan.

Macam-macam Underhand Service
  1. Back Spin Underhand Serve : Bola berputar kebelakang.
  2. Top Spin (Cutting) Underhand Serve: Bola berputar keatas.
  3. Inside Spin Underhand Serve : Bola berputar kedalam.
  4. Outside Spin Underhand Serve : Bola berputar keluar.

2. Overhead Service

Pemain berdiri dengan kaki kiri berada lebih kedepan dan kedua lutut agak ditekuk Tangan kiri dan kanan bersama-sama memegang bola, tangan kiri menyangga bola sedangkan yang kanan memegang bagian atas bola.

Bola dilambungkan dengan tangan kiri keatas sampai ketinggian ± 1m diatas kepala didepan bahu, dan telapak tangan kanan segera ditarik kebelakang atas kepala dengan telapak menghadap kedepan, berat badan dipindahkan kekaki sebelah belakang.

Setelah tangan berada dibelakang atas kepala dan bola berada sejangkauan tangan pemukul, maka bola segera dipukul dengan telapak tangan, lengan harus tetap lurus dan seluruh tubuh ikut bergerak.

Bola dipukul dan diarahkan dengan gerakan pergelangan tangan, berat badan dipindahkan kekaki sebelah depan. Gerakan lengan terus dilanjutkan sampai melewati paha yang lainnya.

Macam-macam Overhead Service
  1. Top Spin Overhead Serve : Bola berputar keatas.
  2. Inside Spin Overhead Serve : Bola berputar kedalam.
  3. Outside Spin Overhead Serve : Bola berputar keluar.
  4. Drive Overhead Serve : Bola berputar keatas.

3. Floating Service

a.       Frontal Floating Service : Bola mengapung kekiri & kekanan.

Bola dipegang setinggi kepala, lengan hampir lurus. Lengan yang memukul ada dalam posisi lurus atau tertekuk sedikit, ditarik kebelakang sebelum melempar bola.

Bola dilempar rendah, bagian atas tubuh tidak bergerak, pergelangan tangan harus tetap kaku. Bagian tengah bola dipukul dengan bagian bawah telapak tangan atau dengan tangan digenggam. Bola dipukul disebelah depan tubuh pemain dan tidak ada gerakan lanjutan

b.      Side Floating Service : Bola mengapung kearah vertical.

Pemain berdiri dengan kedua kaki menghadap sisi lapangan. Bola dipegang dengan lengan menjulur kira - kira setinggi kepala. Lengan pemukul diayun kebelakang agak kesisi. Berat badan ditempatkan dikaki belakang, dengan kedua lutut ditekuk sedikit.

Lengan diangkat dengan gerakan melingkar, bola dilempar rendah. Lengan  dijulurkan dan bagian tengah badan bola dipukul dengan tangan tergenggam, sewaktu bola itu melambung tinggi didepan tubuh pemain. Bagian tubuh berputar sedemikian rupa sampai menghadap net, berat badan dipindahkan kekaki sebelah depan.

Kontak dengan bola singkat sekali, lengan dan tangan yang digunakan memukul berhenti sebentar sesudah mengadakan kontak dengan bola, kemudian gerakan diteruskan sedemikian rupa sehingga lengan terayun kebawah melewati kaki yang satunya.

4. Jump Service 

Jump Serve merupakan salah satu senjata ampuh untuk mengacaukan serangan kombinasi lawan, sebuah team memerlukan minimal 2 s/d 3 orang jump server yang dapat mengacaukan irama permainan lawan.

Keuntungan menggunakan jump serve adalah :
  • Dapat menjatuhkan mental lawan
  • Mempersulit lawan untuk membangun serangan
  • Memudahkan blocker untuk melakukan bendungan
  • Memudahkan kerja defender

Teknik Jump Serve :
  • Awalan ±4 langkah, hal ini untuk mendapatkan power yang cukup.
  • Lompat pada langkah ke 4 diluar garis belakang dan jatuh didalam lapangan.
  • Lemparan tidak dari belakang tetapi dari samping badan agar dapat terlihat dan mudah mengontrol putaran bola kedepan.
  • Ayunan tangan sama seperti melakukan Spike Bola Tinggi (Open Spike).
  • Step ketiga baru bola dilempar keatas, setelah melakukan step sekali lagi, server meloncat dan memukul bola.
  • Gerakan harus harmonis dan berkesinambungan dan konsisten seperti gerakan spike, tidak terpatah-patah.

Itulah macam -macam jenis service bola voli dan cara melakukannya yang dapat kami infokan untuk anda, semoga bermanfaat.

Sumber Refernsi:
https://www.gurumapel.com/2018/05/macam-macam-jenis-service-bola-voli.html

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *