Baca Juga

Memuat...

Hindari ini! 8 Kebiasaan Buruk Pemicu Munculnya Jerawat

Ingin Memiliki Wajah Bersih dan Terhindar dari Jerawat?
Hindari 8 Pemicu Timbulnya Jerawat Berikut Ini!

Memiliki wajah bersih bersinar tanpa adanya jerawat merupakan dambaan setiap orang, tidak hanya kaum hawa tetapi juga para kaum adam.

Tapi pernahkah anda berpikir, kenapa orang lain bisa memiliki wajah bersih tanpa adanya jerawat sedangkan saya tidak, Apa yang salah?

Hanya sebagian orang saja yang memikirkan apakah yang menyebabkan jerawat bisa muncul. Yang sering ditemui justru banyaknya orang yang sebal dengan keadaan tersebut tanpa mengetahui kebiasaan buruk yang telah memicu tumbuhnya jerawat di wajah.


Mengetahui kebiasaan apa saja yang memicu timbulnya jerawat merupakan hal yang perlu. Mengapa demikian? Pasalnya, dengan memahaminya, paling tidak kita dapat meminimalkan kebiasaan tersebut untuk menjaga kondisi wajah tetap sehat dan tentunya terbebas dari jerawat.

Untuk Anda yang masih memiliki wajah berjerawat, pada postingan kali ini kami akan menunjukkan beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Apa Sajakah Kebiasaan Buruk Yang Dapat Memicu Tumbuhnya Jerawat?

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk penyebab tumbuhnya jerawat:

1. Pemakaian Kosmetik yang Tidak Cocok

Munculnya jerawat dapat dikarenakan oleh pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan karakter kulit seseorang. Beberapa kosmetik bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada wajah.
Pasalnya, di dalam kosmetik terdapat zat-zat kimia yang tidak selalu cocok dengan jenis kulit setiap orang. Ketidakcocokan tersebut akan menjadi pemicu tumbuhnya jerawat pada wajah kita.

2. Jarang Membasuh Keringat di Wajah

Keringat memang tidak dapat dijauhkan dari tubuh, termasuk juga wajah. Mengucurnya keringat di wajah sebaiknya segera dibasuh dengan memakai tissue, ataupun kain yang bersih.

Jarang membasuh keringat yang ada di wajah dan membiarkannya menempel dalam waktu yang cukup lama akan menjadi salah satu pemicu tumbuhnya jerawat.

Bakteri yang ada pada keringat juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi iritasi. Maka dari itu, hindari rasa malas untuk membasuh keringat, agar kulit kita pun dapat terjaga dengan baik.

3. Jarang Membersihkan Wajah dari Make Up

Kegiatan selanjutnya yang memicu jerawat bersarang di wajah ialah jarang membersihkan wajah dari make up. Banyak orang, terlebih adalah wanita, setiap harinya tidak lepas dari make up yang menempel pada wajah.

Nah, pemakaian alat kosmetik pada wajah pun harus dijaga kebersihannya. Disaat malam hendak tidur, jangan lupa untuk membersihkan wajah anda dari make up yang sebelumnya Anda pakai. Apabila tidak dibersihkan, make up di wajah dapat menyumbat pori-pori dan berpengaruh terhadap jerawat yang akan datang.

4. Kebiasaan Memegang Kulit Wajah

Kebiasaan untuk memegang wajah merupakan salah satu hal yang memicu timbulnya jerawat juga. Ketika tangan kita memegang wajah, belum tentu tangan kita dalam keadaan bersih. Bisa saja ketika memegang wajah, tangan masih dalam keadaan berdebu.

Keadaan tangan yang belum bersih itu akan mengakibatkan kuman menempel ke wajah dan akhirnya mengundang tumbuhnya jerawat. Hindari kebiasaan tersebut supaya jerawat jarang mampir di wajah anda. Apalagi menyentuh jerawat yang sedang muncul di wajah, hindari hal tersebut.

5. Terlalu Sering Cuci Muka

Mencuci muka merupakan salah satu kebiasaan yang baik, dimana mencuci muka berfungsi untuk membersihkan wajah kita. Akan tetapi, apabila kegiatan tersebut terlalu sering untuk dijalani justru akan menyebabkan kulit wajah kita tidak sehat.

Mencuci wajah yang terlalu sering akan menjadikan produksi kelenjar minyak pada kulit wajah mengalami kenaikan. Maka dari itu, untuk menghindari munculnya jerawat pada wajah, cukuplah untuk mencuci muka dua kali sehari.

6. Terlalu Banyak Pikiran

Jerawat dapat timbul dikarenakan kadar hormon stres yang ada dalam diri terlalu banyak. Di saat keadaan kita yang sedang banyak pikiran, produksi hormon tersebut akan mengalami peningkatan. Sehingga akan memicu tumbuhnya jerawat.

Untuk dapat menjaga kondisi wajah tetap bersih, sehat dan bebas jerawat, maka Anda sangat disarankan untuk dapat mengontrol pikiran agar tidak timbul stres.

7. Waktu Tidur Sedikit atau Sering Tidur Larut Malam

Seseorang yang jarang tidur atau sering tidur larut malam akan mudah menemui stres. Nah, stres sendiri merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, jangan biarkan kebiasaan buruk tersebut terus dilakukan jika tak ingin jerawat bandel hinggap di wajah.

Selain menjadi pemicu timbulnya jerawat, waktu tidur yang sedikit atau begadang yang terlalu sering juga akan menjadikan jerawat di wajah akan semakin parah. Mengapa demikian?

Disaat seseorang memiliki waktu minim untuk istirahat, hal tersebut akan memaksakan tubuh untuk meningkatkan produksi hormon insulin. Meningkatnya hormon insulin tersebut akan membuat jerawat pun dengan mudah muncul di wajah anda.

8. Santapan Makanan yang Kurang Tepat

Beberapa menu makanan yang mengandung gula, atau makanan yang berjenis gorengan akan membuat kadar gula darah dalam diri kita mengalami kenaikan. Terlalu seringnya mengonsumsi santapan yang kurang tepat ini akan memicu pertumbuhan jerawat.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami sangat menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki kadar gula.

Nah demikian tadi beberapa kebiasaan buruk yang harus anda ubah jika ingin memiliki wajah bersih yang bebas dari jerawat. Sekian informasi yang dapat kami berikan untuk anda semoga bermanfaat!

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *