Baca Juga

Memuat...

10 Cara Alami Untuk Memutihkan Wajah

Memiliki wajah putih dan cerah bak selebriti merupakan dambaan setiap wanita. Baragam cara banyak di lakukan untuk mendapatkan wajah yang putih dan bersih dari mulai cara yang alami maupun cara yang lainnya.

Beragam obat kimia yang di tawarkan di pasaran yang menjanjikan dapat memutihkan wajah secara cepat, di antaranya ada yang bagus atau malah sebaliknya. Seperti kita ketahui, banyak kosmetik - kosmetik yang tidak terdaftar di BPOM, tang malah merusak kulit.

Oleh karenanya, jika anda tidak mau mengambil resiko dengan memakai jenis kosmetik yang beredar di pasaran maka tidak ada salahnya jika anda memakai cara herbal berikut ini.


Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Praktis

Cara ini merupakan cara yang paling aman untuk meminimalisasi efek samping untuk kesehatan kulit. Selain itu, juga tak terlalu banyak menghabiskan banyak waktu. Anda bisa melakukannya pada saat ada waktu luang di rumah.

Jika dilakukan dengan tepat dan rutin, Anda bisa mendapatkan kulit yang putih dan cerah. Tentunya, Anda juga bisa berhemat karena hal ini tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Berikut adalah 10 cara alami untuk memutihkan wajah

1. Menggunakan Lemon & Madu

Jika Anda mengalami masalah kulit kusam, masker dari campuran lemon dan madu ini bisa menjadi cara mencerahkan wajah kusam secara alami. Gunakan pemutih wajah alami ini secara teratur, maka kulit Anda akan terasa lebih bersih dan cerah.

Berikut adalah cara membuat masker lemon dan madu untuk kulit muka:
  1. Ambil satu sendok makan perasan lemon dan satu sendok makan madu.
  2. Campurkan kedua bahan tersebut sampai merata.
  3. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 – 20 menit.
  4. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih, pastikan tidak ada sisa masker yang masih menempel.
Lemon memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Sangat bisa dijadikan pemutih wajah alami, karena kandungan vitamin C di dalamnya mampu meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit.

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu menghindari timbulnya jerawat dan mengecilkan serta mengencangkan pori-pori kulit. Pemutih wajah alami ini juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.

Jika tidak ada lemon, Anda bisa menggantinya dengan jeruk nipis. Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis sama khasiatnya dengan menggunakan lemon.

Sedangkan, madu merupakan anti bakteri alami dan anti inflamasi, sangat bagus untuk mengatasi masalah jerawat. Kaya akan antioksidan yang mampu mengatasi penuaan dini.

Selain itu, madu juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Menggunakannya secara teratur mampu menjadikan kulit menjadi lebih sehat. Bisa juga digunakan sebagai scrub untuk mecerahkan bibir menghitam.

2.  Menggunakan Tomat

Selain digunakan sebagai bahan masakan, tomat bisa digunakan sebagai masker pemutih wajah alami.

Berikut adalah cara menggunakan tomat untuk wajah:
  • Iris tipis satu buah tomat.
  • Tempelkan semua irisan tersebut pada wajah.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih.
Tomat mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Tomat mengandung vitamin C dan E serta memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membantu menghindari kusam pada muka.

Bagi Anda yang sering sekali terpapar sinar matahari, pastinya punya banyak masalah kulit muka yang di hadapi. Panasnya terik matahari menyebabkannya menjadi mudah terbakar dan meradang. Apalagi bagi yang cenderung memiliki kulit sensitif.

Jangan khawatir, ternyata buah tomat mampu mengatasi permasalahan ini. Ia bisa menjadi pelindung dari sengatan matahari. Caranya mudah, cukup haluskan satu buah tomat segar dan tambahkan sedikit yoghurt.

Campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Jika sudah, oleskan pada bagian muka dan diamkan selama sekitar 15 menit. Kemudian bersihkan muka dengan air dingin sampai bersih. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Es Batu

Aplikasikan es batu pada wajah Anda, hal ini bagus untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah penuaan dini. Juga, lakukanlah sebelum Anda memakai make up, karena akan membantu agar riasan Anda tahan lama.

Namun, sebelum melakukan perawatan ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
  • Bersihkan wajah sebelumnya.
  • Gunakan sarung tangan agar tidak terkena dinginnya es secara langsung.
  • Lapisi es batu dengan kain, jangan langsung terkena wajah.
  • Jangan lakukan perawatan ini selama lebih dari satu jam, karena akan menimbulkan efek panas di muka.
  • Setiap malam sebelum tidur, cucilah muka Anda lalu lakukan perawatan dengan menggunakan kantong berisi es batu ini. Pijat lembut pada area muka dan leher selama kurang lebih tiga menit.
  • Lakukan secara teratur, sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang nyata. Kulit menjadi segar dan terasa kencang. Perawatan es batu ini juga menimbulkan sensasi rileks.
Es batu juga mampu mengatasi mata bengkak, khususnya bagi Anda yang memiliki masalah dengan kantong mata. Bungkus es batu secukupnya dengan kain, kemudian kompres pada bagian mata yang bengkak selama 2 – 3 menit.

Pijat dengan gerakan melingkar. Jika Anda melakukannya secara tepat dan teratur, mata bengkak Anda secara bertahap akan tampak semakin menyusut.

4. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara memutihkan wajah secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Ambil beberapa tetes minyak zaitun kemudian oleskan pada tulang pipi, seperti ketika Anda memakai blush on.

Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan vitamin K yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, minyak zaitun juga bisa dipakai untuk melembutkan kulit yang kering dan retak-retak, seperti pada siku dan tumit.

Jika Anda kehabisan pembersih make up dan kebetulan mempunyai minyak zaitun, Anda bisa memanfaatkannya. Gunakan minyak zaitun untuk membersihkan sisa-sisa make up.

Membersihkan sisa make up dengan minyak zaitun ini adalah cara yang praktis dan mudah. Namun, jika anda menggunakan kontak lensa, pastikan untuk melepasnya, jangan sampai minyak zaitun mengendap pada lensa kontak Anda.

5. Menggunakan Kentang

Cara alami memutihkan wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan kentang. Kentang membantu membuat wajah semakin bersinar dan menambah kecerahan wajah.

Cara memakainya adalah sebagai berikut:
  • Kupas kentang kemudian iris tipis
  • Rendam pada air bersih selama kurang lebih lima menit.
  • Tempelkan beberapa irisan kentang pada wajah secara merata.
Selain biasanya dipakai sebagai bahan masakan, kentang juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama bagi Anda yang menginginkan cara memutihkan wajah secara alami.

Kandungan dalam salah satu jenis umbi-umbian ini antara lain adalah vitamin B, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, potasium, zat besi, protein, dan serat. Manfaatnya ampuh untuk kulit dan tentunya mudah untuk mendapatkannya.

Vitamin C yang dimilikinya merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan dapat mempercepat penyembuhan infeksi akibat jerawat. Selain itu, kandungan alkalinya juga bermanfaat sebagai bahan alami penghilang jerawat.

5. Menggunakan Susu

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, apalagi ketika hamil, susu juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan asam laktatnya dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu pembaharuan sel.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan susu ini mampu membantu mencerahkan wajah.

Berikut adalah langkah membuat dan mengaplikasikan masker susu pada muka:
  • Tuangkan susu murni segar ke dalam mangkuk.
  • Celupkan kain lembut lalu peras.
  • Aplikasikan pada muka Anda.
Susu juga bermanfaat untuk mengenyalkan wajah. Ambil dua sendok susu murni segar, tuangkan ke dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok makan madu serta satu kapsul vitamin E.

Aduk ketiga bahan tersebut secara merata. Kemudian aplikasikan pemutih wajah alami ini ke seluruh muka dan leher. Sebelumnya, cucilah muka terlebih dahulu. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Menggunakan susu sebagai bahan perawatan dan pemutih wajah alami sangat cocok untuk semua jenis kulit. Khususnya kulit berminyak. Susu bisa membersihkan kotoran dan minyak penyebab jerawat dan komedo.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, tentunya juga akan lebih pilih-pilih dalam menggunakan produk pembersih muka. Karena tidak semua produk pembersih muka cocok untuk kulit sensitif.

Alternatifnya adalah gunakan cara yang alami, dengan menggunakan susu misalnya. Anda bisa mengaplikasikan masker susu pada kulit muka dengan ditambah bahan alami lain seperti madu atau lidah buaya.

7. Menggunakan Pepaya

Selama ini kita mengenal buah pepaya mempunyai manfaat yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Namun, ternyata ada manfaat lain yang bagus untuk kulit muka kita.

Pepaya bisa digunakan sebagai masker pemutih wajah alami. Kesehatan kulit akan terawat dengan menggunakan masker tersebut. Kandungan enzim di dalamnya mampu menghalangi serangan radikal bebas.

Enzim pada buah ini juga berguna sebagai anti bakteri. Campurkan pepaya dengan sedikit yoghurt secara merata, kemudian gunakan sebagai masker dan aplikasikan pada muka.

Sebelum mengaplikasikan masker tersebut, Anda harus mencuci muka terlebih dahulu. Pastikan muka Anda bersih dan tidak ada kotoran yang masih menempel.

Kandungan vitamin A yang dimilikinya mampu mengatasi bercak hitam bekas jerawat dan kulit terbakar akibat terpapar sinar matahari. Gunakan campuran masker pepaya dan susu untuk diaplikasikan.

8. Pisang & Putih Telur

Pisang memiliki manfaat yang ampuh untuk kulit wajah. Kandungan yang terdapat didalamnya mampu mengatasi jerawat dan komedo, melembabkan kulit, serta mencegah serangan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Berikut adalah cara membuat masker dari kombinasi pisang dan putih telur:
  • Ambil setengah buah pisang dan lumat sampai lembut.
  • Tambahkan satu butir telur, ambil bagian putihnya saja.
  • Campurkan keduanya secara merata lalu oleskan pada wajah.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.
Kandungan gizi yang ada di dalamnya pun sangat beragam, diantaranya vitamin B, B6, C, magnesium, kalsium, fosfor, dan besi. Dari kandungan tersebut sangat mendukung untuk digunakan sebagai pemutih wajah alami.

Sedangkan putih telur mengandung enzim Lysozyme, riboflavin, protein, kalium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan kulit muka. Protein yang terkandung dapat mendukung pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan putih telur membuat muka menjadi lebih bersih, cerah, dan menyamarkan kerutan serta garis halus. Kaliumnya sendiri bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Gunakan pemutih wajah alami ini secara teratur dan tepat. Maka, hasilnya untuk kesehatan kulit Anda akan terasa maksimal dan menjadikannya putih bersih seperti wanita Jepang.

9. Menggunakan Ampas Teh

Ritual minum teh setiap pagi sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Teh mengandung antioksidan yang mampu mecegah kanker dan baik untuk memperlambat penuaan dini.

Jika Anda sudah selesai meminumnya, jangan buang ampas tehnya. Ampas teh tersebut bisa dimanfaatkan sebagai masker pemutih wajah alami. Terutama jika Anda memiliki masalah kulit kusam.

Ampas teh dapat mencerahkan muka Anda karena dapat menghilangkan flek hitam dan mengangkat kotoran akibat debu dan polusi yang menempel pada kulit. Cara memutihkan wajah secara alami ini juga mampu mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, ampas teh juga mampu untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya, campurkan ampas daun teh dengan sedikit air. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama lima menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan secara rutin.

10. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk adalah salah satu cara memutihkan wajah secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Bahannya pun mudah untuk didapatkan. Selain buahnya bisa dikonsumsi, kulitnya bisa dipakai untuk pemutih wajah alami.

Kulit jeruk memiliki manfaat yang sama dengan kulit apel. Keduanya mempunyai kandungan dan nutrisi yang setara. Kulit jeruk mengandung lebih dari 60% flavanoid dan 170 jenis phytonutrients yang berbeda.

Kandungan tersebut sangat bagus untuk kulit. Karena bahan tersebut mampu menyeimbangkan kondisi kulit dan mengurangi minyak berlebih penyebab jerawat.

Jika dikeringkan dan dijadikan bubuk, ia akan bekerja sebagai eksfoliator. Yaitu mampu mengangkat sel-sel kulit mati, mengatasi komedo, dan membuat muka menjadi lebih berkilau.

Manfaat lainnya adalah jika dipakai sebagai masker, maka dapat membantu menghilangkan noda hitam pada muka dan menyegarkan kembali kulit yang kusam.

Dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi serta kaya akan antioksidan, hal ini bisa dijadikan pilihan cara memutihkan wajah secara alami.

Berikut adalah cara membuat masker pemutih wajah alami dari kulit jeruk:
  • Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari hingga kering.
  • Haluskan kulit jeruk yang sudah kering tersebut dengan menggunakan mesin grinder atau blender.
  • Jika sudah menjadi bubuk, tuangkan ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan susu cair hingga teksturnya mengental seperti pasta.
  • Oleskan pada muka sampai leher selama 30 menit.
  • Bilas masker dengan air sampai bersih.
Lakukanlah perawatan ini secara rutin dan teratur. Cara memutihkan wajah secara alami ini merupakan cara yang mudah dan tak terlalu merogoh kocek terlalu dalam.

Demikian 10 cara alami untuk memutihkan wajah secara alami, semoga bermanfaat.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *