Baca Juga

Memuat...

8 Jenis Batu Akik Indonesia Yang Di Buru Kolektor Batu

Walau sekarang sudah mulai redup pasaran batu akik di Indonesia, tetapi tidak dapat dipungkiri dari dulu sampai sekarang bahwasanya yang namanya batu akik memiliki keindahan dan pesonanya sendiri bagi para penggemarnya.

Di Indonesia terdapat macam - macam batu akik yang tersebar di seluruh penjuru wilayah nusantara. Negara Indonesia adalah surga bagi para pecinta batu cincin. Bukan hanya diburu oleh kolektor dari dalam negeri, Tapi juga banyak kolektor batu mulia dari luar negeri yang datang jauh - jauh ke Indonesia hanya untuk mencari batu akik Indonesia.

Dari sekian banyak macam batu akik yang ada di pasaran, ada beberapa jenis yang amat digemari oleh kolektor batu. Kolektor seperti ini biasanya mempunyai koleksi batu akik termahal yang paling langka.

Jenis Batu Akik Termahal yang Diburu Kolektor

Batu cincin sebenarnya mempunyai puluhan, ratusan bahkan ribuan jenis batu yang berbeda. Namun, hanya sedikit batu permata yang memiliki harga mahal, dan sangat diminati oleh para kolektor batu.

Berikut adalah 10 jenis batu akik termahal yang diburu para kolektor batu akik:

1. Jenis Batu Akik Merah Delima


Batu Merah Delima adalah batu yang sudah dikenal sejak zaman dahulu karena kemewahan dan keindahan yang terlihat dari pancaran warna merah dari batu tersebut. Selain itu juga, batu merah delima ini termasuk batu mulia yang sangat langka dan mahal.

Batu akik Merah Delima yang sudah beredar di pasaran termasuk batu mulia jenis ruby. Saat ini batu ruby merah delima yang asli hanya ada beberapa saja yang punya dan termasuk jenis pusaka.

2. Jenis Batu Akik Bacan Doko


Banyak pecinta batu cincin yang berburu batu bacan doko. Batu bacan ini berasal dari daerah Pulau Kasirutam Halmahera Selatan, Maluku. Batu bacan ini sangat disukai masyarakat bahkan ada juga beberapa kolektor mancanegara yang ikut mencari batu jenis ini.

Batu bacan doko memiliki banyak kelebihan dari pada jenis batu lainnya. Sehingga menjadikannya banyak dicari.

Salah satu yang membuat jenis batu akik ini berbeda karena bacan doko ini mampu bermetamorfosa secara natural, semakin lama menjadi semakin indah. Selain batu bacan doko, sebenarnya masih ada batu bacan lainnya yang cukup terkenal dan tentunya mahal, seperti batu bacan palamea.

3. Jenis Batu Akik Kalsedon


Jenis batu kalsedon memiliki ciri seperti tutupi kabut yang transparan, hal ini semakin menambah keindahan dari batu cincin tersebut. Batu kalsedon bisa ditemukan di pulau Jawa dan pulau Sulawesi, batu ini juga ikut melengkapi kecantikan jenis batu akik di Indonesia.

Selain dari pulau Jawa dan Sumatera, ada kabar bahwa jenis batu kalsedon juga sempat ditemukan di daerah lain di Indonesia.

4. Jenis Batu Akik Kalimaya


Meskipun jenis batu kalimaya tergolong lembek, tapi, tetap banyak peminatnya. Dengan ciri fisik memancarkan warna mirip batu permata, membuat batu ini termasuk dalam incaran wajib untuk para kolektor.

Jenis batu akik kalimaya juga sering disebut dengan opal. Batu opal bisa ditemukan di luar negeri tepatnya di negara Mesir, Australia,Meksiko dan juga India. Sedangkan di Indonesia batu ini bisa ditemukan  di daerah Banten.

Karena batu ini berasal dari daerah Banten, terkadang sering juga disebut dengan nama batu kalimaya banten. Batu cincin kalimaya banten ini juga tidak kalah oleh batu sejenisnya dari luar Indonesia.

5. Jenis Batu Akik Sungai Dareh


Jenis batu akik ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Banyak pecinta dan kolektor batu sangat menyukai batu jenis ini. Bahkan ada beberapa para pemimpin negara ikut memakai batu mulia ini.
Contohnya Presiden SBY dan Barrack Obama pernah memakai batu sungai dareh. Hal ini semakin membuat batu ini naik harga dan tentunya berkelas.

6. Jenis Batu Akik Zamrud Kalimantan


Batu zamrud yang memiliki warna khas hijau juga amat dikenal oleh pecinta batu akik. Jenis batu ini Bahkan sudah dikenal semenjak ribuan tahun lalu dan digunakan sebagai batu perhiasan.

Batu yang memiliki kekerasan 7.5 skala mohs dijual dengan harga yang sangat tinggi dan cukup dimuliakan pada era kerajaan. Karena dianggap sebagai simbol kemakmuran serta kedamaian.

7. Jenis Batu Akik Kecubung Kalimantan

Jenis batu kecubung termasuk kedalam batu asli dari Kalimantan dan ada beberapa jenis batu kecubung yang sudah terkenal, seperti:

Batu Kecubung Wulung kalimantan


Batu Akik Kecubung Wulung,memiliki ciri khas warna ungu muda yang bening hingga ungu tua. Saat ini warna yang paling digemari adalah warna ungu tua atau terong, karena memiliki kemilau dan sinar yang indah. Batu kecubung ini berasal dari daerah Pangkalan Bun, Kalimantan.

Kualitas batu kecubung  ini sudah terjamin bahkan memiliki kualitas terbaik bila dibandingkan dengan batu cincin jenisnya dari luar Indoneia seperti India, Amerika Serikat ataupun dari Brazil.

Batu Kecubung Teh


Batu Akik Kecubung Teh ini memiliki ciri khas warna kuning bening mirip seperti air teh.Kemilau yang dihasilkan dari warna kuning ini memancar dari batu sehingga terlihat sangat indah dan mengagumkan.

Batu Kecubung Tanduk


Batu Akik Kecubung Tanduk atau juga sering disebut dengan nama batu kecubung hitam/kopi. Batu jika dilihat sangat mengkilap dan indah jika sudah dipoles.

Batu Kecubung Air


Batu Akik Kecubung Air memiliki ciri khas warna yang kelihatan seperti air. Jenis batu ini mulai diminati penggemar batu karena harganya yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan batu kecubung sejenisnya.

Batu kecubung Es


Batu Akik Kecubung Es mempunyai serat mirip es batu, dengan warna putih bening membuatnya terlihat sangat mewah dan menawan.

Gambar batu akik yang memiliki motif unik ini sangat cocok dikenakan oleh kalangan muda maupun tua. Batu ini juga bisa memberikan kesan berwibawa kepada pemiliknya.

8. Jenis Batu Akik Sulaiman


Jenis batu sulaiman ini memiliki beberapa jenis yang umumnya berwarna merah, kuning, atau juga gabungan antara kedua warna tersebut. Menurut cerita yang beredar, Nabi Sulaiman AS juga pernah memakai batu mulia jenis ini.

Hampir seluruh daerah di Indonesiabisa menemukan sumber batu jenis sulaiman. Batu Akik Sulaiman juga sudah menjadi target para kolektor, seperti jenis madu, Daud, Wulung, Combong, Kuning, Emas, Hijau, Biru, Hitam, Pancawarna, Susu, Derajat, Kurung.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *