Baca Juga

Memuat...

Posisi - Posisi Pemain Sepakbola dan Tugasnya

Permainan sepakbola selain membutuhkan kemampuan tehnik dari masing - masing individu pemain juga di butuhkan kemapuan kerjasama tim yang baik, karena sepakbola adalah olahraga tim sehingga semakin baik kerjasama antar pemain dalam satu tim maka semakin besar pula kesempatan tim tersebut meraih kemenangan dalam pertandingan.

Oleh karena sepakbola merupakan olahraga tim, maka tentu saja terdapat posisi - posisi atau pos - pos yang harus di isi oleh setiap pemain, di mana tiap - tiap posisi tersebut memiliki peranan dan tugasnya masing - masing.


Apa sajakah posisi - posisi pemain sepkbola tersebut, dan apa tugas dari masing - masing posisi tersebut? berikut uraiannya.

A. Posisi - Posisi Pemain Sepakbola dan Tugasnya

1. Penjaga Gawang (Goal Keeper/GK)

Penjaga gawang atau biasa di sebut “Goal Keeper” merupakan pemain yang berada pada barisan pertama di area pertahanan. Biasanya posisi keeper di isi oleh pemain yang memiliki tubuh tinggi dan besar serta memiliki kemampuan dalam menangkap bola yang baik dan gerak reflek yang bagus. Bahkan seorang keeper juga harus memiliki tendangan yang kuat karena tugasnya selain mengamankan gawangnya supaya tidak kebobolan juga ada tugas lainnya yaitu mengarahkan bola ke para pemain timnya.

Memiliki empat peran utama yaitu:
  1. Menyelamatkan yang istilah asalnya disebut saving merupakan suatu tindakan untuk menghindari atau mencegah terjadinya gol dengan berbagai usaha yang dilakukan. Seperti menepis, menangkap, dan meninju bola.
  2. Membersihkan yang istilah asalnya disebut clearing adalah suatu upaya yang dilakukan oleh kiper atau penjaga gawang untuk menjaga agar bola jauh dari daerah yang berbahaya.
  3. Mengarahkan pertahanan di sini maksudnya adalah sebagai pemain yang paling jauh di belakang, seorang kiper bisa melihat di mana para bek harus memposisikan diri sehingga dapat mengarahkan mereka.
  4. Mendistribusikan bola terjadi saat penjaga gawang mengambil keputusan untuk menendang atau membuang bola setelah melakukan saving.

2. Pemain Bertahan (Defender)

Seorang pemain bertahan bertugas untuk melindungi kiper di area pertahanan supayaarea pertahanannya  tidak di terobos oleh pemain lawan dengan begitu gawangnya akan aman dari kebobolan. Posisi Defender di berikan kepada pemain yang yang kuat, pekerja keras dan cepat dalam mengantisipasi pergerakan lawan serta jago dalam melakukan blok - blok bola, serta lihai dalam melakukan tekel - tekel, intercept bola dan juga kuat dalam duel - duel bola udara.

Posisi Defender ini sering disebut dengan nama “Bek”, adapun posisi Defender ini terbagi atas:

a. Bek Tengah (Center-Back)

Center-back adalah dua bek yang berada di tengah.  Memiliki karakteristik kuat, tinggi, berani, serta baik pada saat berduel dengan penyerang lawan.

b. Full-Back

Full-Back adalah bek yang diposisikan di samping, yaitu bek kiri dan bek kanan. Tugas utama full-back adalah mencegah lawan menyerang di sisi pertahanan dari arah kiri dan kanan. Posisi ini diduduki oleh pemain yang cepat dan kuat.

c. Bek Sayap (Wing-Back)

Merupakan full-back yang dapat bergerak maju hingga gawang lawan. Wing-back dibagi menjadi dua yaitu Bek Sayap Kiri dan Bek Sayap Kanan. Tugasnya adalah menjaga pertahanan. Karakteristiknya harus kuat dan cepat dan harus memiliki kemampuan memberi umpan - umpan silang yang baik.

d. Sweeper

Sweeper berada di belakang garis pertahanan dan di depan kiper. Tugas utama sweeper adalah membersihkan bola dari penguasaan lawan yang berhasil menerobos para bek (defenders).

3. Gelandang (Midfielder)


Gelandang atau biasa disebut dengan Midfielder adalah pemain yang bertugas diarea tengah lapangan yang menghubungkan antara pemain depan dan pemain bertahan. Tugas utamanya adalah mendistribusikan bola kepemain depan saat melakukan serangan dan mencegah serangan lawan sampai ke daerah pertahanan.


Adapun posisi gelandang terbagi atas:

a. Gelandang Bertahan (Defensive Midfielder)

Gelandang bertahan berada di depan garis pertahanan. Tugas utamanya adalah  mencegah bola mencapai garis pertahanan.

b. Gelandang Tengah (Center Midfielder)

Berada di tengah lapangan. Seorang gelandang tengah bertugas menciptakan peluang bagi striker dan menghentikan serangan lawan, maka posisi ini diduduki oleh pemain yang cepat, kuat, cerdik dan memiliki banya taktik.

c. Gelandang Serang (Attacking Midfielder)

Gelandang serang berada di area tengah lapangan dan lebih dekat dengan para striker (pemain depan), ia harus memiliki skill olah bola yang baik dan pandai membuka ruang guna menciptakan peluang mencetak gol untuk para pemain depan.

d. Gelandang Sayap (Winger)

Bertugas melakukan serangan dari sisi lapangan baik kiri maupun kanan. Posisi ini sering dipakai dalam formasi 4-3-3 seperti dan 4-5-1. Gelandang sayap harus memiliki kemampuan dribbling yang sangat baik dan akurat. Sifat pemain fleksible artinya bisa berada di tengah dan menjadi penyerang.

4. Peyerang (Forwards)

Dalam sebuah tim, penyerang adalah pemain yang paling menojol dan kedudukannya sangat mempengaruhi keberhasilan gol di mana tugas utama seorang penyerang adalah mencetak gol. Dibutuhkan kelincahan, kecepatan, akurasi tembakan yang baik, kemampuan heading serta kontrol bola yang baik untuk menjadi penyerang.

Penyerang dalam permainan sepakbola terbagi atas:

a. Penyerang Tengah (Center-Forward)

Penyerang tengah posisinya berada paling dekat dengan gawang lawan, sering disebut juga sebagai striker. Tugas utamanya adalah mencetak gol dari umpan-umpan dari rekan tim dan mengalihkan perhatian pertahanan untuk memberikan ruang bagi gelandang serang, pemain sayap atau striker ditarik untuk menyerang. Karakteristiknya seorang striker adalah cerdas, kuat dan berani.

b. Penyerang Sayap (Wing-Forward)


Penyerang sayap atau Wing-Forward (WF) bisa disebut juga dengan nama withdrawn striker atau second striker. Dia adalah seorang striker yang ditarik ke belakang dan melakukan penyerangan.


Selain menciptakan gol, penyerang sayap juga berfungsi sebagai pembantu serangan dari sektor sayap. Yaitu dengan memberikan umpan-umpan kepada striker, dan membuka ruang agar striker bisa mencetak gol

Itulah sekilas tentang posisi - posisi pemain dalam permainan sepakbola beserta tugas dan fungsinya masing - masing. Semoga dengan mengetahui posisi dan tugas seorang pemain bola ini dapat membantu anda dalam menambah wawasan dan juga lebih baik lagi dalam bermain bola. Salam 90Detik.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *