Baca Juga

Memuat...

Peraturan Offside Dalam Sepakbola

Anda seorang pemain sepakbola? atau anda suka permainan sepakbola. Jangan pernah mengaku sebagai pemain bola atau pecinta sepakbola jika anda tak mengerti dan paham dengan istilah Off-side. Secara umum pengertian posisi off-side adalah posisi ketika seorang pemain berada paling dekat dengan garis gawang lawan daripada bola dan pemain lawan terakhir kedua.

Berdasarkan peraturan yang di tulis dan di cantumkan FIFA. Posisi Off-side di atur dalam laws off the game FIFA no 11, di situ di jelaskan yang di maksud dengan Off-side adalah ketika seorang pemain tersentuh bola atau menerima umpan bola dari rekan satu tim, dengan keadaan pemain tersebut berada mendahului pemain paling belakang dari tim lawan dan apabila pemain tersebut berada lebih dekat dengan garis gawang lawan setelah kiper.


Pada dasarnya pemain sepak bola "tidak boleh berada secara pasif dalam area lapangan lawan untuk menyerang, meski diizinkan bermain secara pasif di area lapangan sesama untuk bertahan".

Dalam posisi off-side terdapat tiga hal pokok yang tidak dapat dilakukan oleh seorang pemain, yaitu:
  1. Terlibat dalam permainan;
  2. Terlibat dengan seorang pemain lawan; dan
  3. Mendapatkan keuntungan dengan berada di posisi off-side.

Dalam Sidang IFAB di Edinburgh pada 2013, FIFA melakukan sebuah amandemen dalam peraturan ini. Salah satunya yaitu dengan menambahkan istilah "deliberate play" dalam keterangan poin tentang "mendapatkan keuntungan dengan berada di posisi off-side".
A player in offside position receiving the ball from an opponent, who deliberately plays the ball (except from a deliberate save), is not considered to have gained an advantage.
Secara harfiah, keterangan itu menjelaskan bahwa "seorang pemain yang berada dalam posisi off-side saat menerima bola dari lawan, yang dengan sengaja memainkan bola (kecuali saat melakukan penyelamatan), tidak dihitung memperoleh sebuah keuntungan".

Terperangkap tidaknya seorang pemain dalam posisi off-side sangat di tentukan oleh kejelian dari seorang hakim garis. Karena off-side bukan merupakan sebuah pelanggaran, maka banyak sekali tim - tim yang menggunakan peraturan off side ini sebagai strategi permainannya baik itu saat mereka bertahan ataupun saat menyerang.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *