Baca Juga

Memuat...

Masih Menampung Jumlah Usulan, Berapa Jumlah Formasi CPNS 2018?

Jakarta ~ Tahun 2018 nanti pemerintah pusat akan kembali membuka lowongan CPNS. Seperti yang di wartakan oleh liputan6, pihak pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) saat ini tengah menunggu jumlah usulan kebutuhan CPNS baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB  mengatakan, bahwasanya pembukaan penerimaan CPNS tahun depan adalah untuk menutup jumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang pensiun. Adapun jumlah PNS yang pensiun angkanya mencapai 215 ribu pegawai.


Dia menambahkan, jumlah PNS yang pensiun merupakan pegawai dari pemerintah pusat yang jumlahnya sebanyak 32 ribu PNS. Sedangkan, untuk pemerintah daerah sendiri jumlahnya sekitar 180 ribuan PNS.

"Yang pensiun sampai dengan tahun 2018 sekitar 215.000," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Lebih lanjut Setiawan Wangsaatmaja mengatakan saat ini Kementerian PANRB masih menampung usulan jumlah kebutuhan PNS baik itu dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Usulan ini akan ditutup Januari tahun 2018 nanti.

"Usulan dari instansi pemerintah paling akhir Januari 2018. Dari usulan tersebut akan dilakukan validasi kembali untuk ditetapkan jumlah formasi yang akan dibuka untuk CPNS 2018," jelas dia.

Pihak pemerintah sendiri belum bisa memastikan kapan waktu pembukaan penerimaan CPNS tersebut. Namun demikian, dia memastikan penerimaan CPNS menerapkan pertumbuhan negatif. Artinya, penerimaan CPNS tak akan lebih dari 215 ribu PNS yang pensiun.

"Ya, tidak akan lebih dari 215.000," pungkas dia menutup wawancara.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *