Baca Juga

Memuat...

Kegunaan Dan Tujuan Mengajar

Dalam melaksanakan tugas, sudah pasti terdapat tujuan - tujuan tertentu yang ingin di capai oleh seorang guru. Maka dalam hal ini tujuan mengajar terbagi atas tujuan mengajar secara umum dan tujuan mengajar secara khusus.


Tujuan mengajar secara khusus bagi seorang guru atau pengajar terbagi 2 (dua) yaitu:
  1. Sebagai satu pernyataan dari rasa syukur atas nikmat berupa anugrah dan hidayah ilmu yang di berikan oleh Allah SWT. Nikmat itu di funsikan untuk di ajarkannya ilmu pengetahuan kepada orang lain atau murid - murid
  2. Sebagai kewajiban moral. Setiap ilmuan di tuntut melaksanakan tugas - tugas keilmuannya. dan salah satu tugas - tugas keilmuan adalah di implementasikan dengan jalan mengajar.

Sedangkan tujuan mengajar secara umum berkaitan dengan target yang ingin di capai di dalam kegiatan pengajaran (PKBM), yaitu adanya perubahan dari perilaku siswa kearah yang lebih positif baik dari segi pengetahuan, sikap, maupun ketrampilannya. Tujuan ini sangat penting karena akan menentukan arah dari proses belajar dan mengajar yang akan mewarnai dari keseluruhan komponen pengajaran. Untuk itu, ada tiga hal pokok yang harus di ketahui oleh seorang guru yakni sebagai berikut:
  1. Harus memahami kurikulum/GBPP yang berlaku sebagai pedoman dalam menjabarkan tujuan.
  2. Memahami tipe - tipe hasil belajar, karena tujuan tersebut pada dasarnya merupakan hasil/target belajar yang ingin di capai.
  3. Memahami tata cara merumuskan tujuan pembelajaran sampai tujuan tersebut jelas isinya serta dapat di capai oleh siswa dalam setiap proses pembelajaran.

Jika di tarik keranah penggunaan variasi mengajar, maka di peroleh tujuan mengajar adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan dan memelihara perhatian siswa terhadap relavansi proses belajar mengajar.
  2. Memberikan kesempatan kemungkinan berfungsinya motivasi.
  3. Membentuk sikap positif terhadap guru dan sekolah.
  4. Memberi kemungkinan pilihan dan fasilitas belajar individual.
  5. Mendorong anak didik untuk belajar.

Itulah kegunaan dan tujuan mengajar yang dapat kami share hari ini, semoga bisa memberi pemahaman dan wawasan bagi kita. Akhir kata semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.......................................!!!!!

Daftar Pustaka
Rizemaputra Sitiatava. 2016. Metode Pengajaran Rosulullah SAW. Jogjakarta : DIVA Press

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *